Waktu/Timing yang Paling Tepat untuk Melakukan Proses Recruitment

  • Whatsapp
Waktu/Timing-yang-Paling-Tepat-untuk-Melakukan-Proses-Recruitment

Bagi perusahaan terutama bagian HRD, saat melakukan proses rekrutmen karyawan, selain menentukan platform hiring terbaik juga harus mempertimbangkan timing yang tepat. Tidak setiap waktu perusahaan bisa membuka pendaftaran karyawan baru. Oleh karena itu perusahaan harus mempertimbangkan hal ini.

Pertimbangan Sebelum Melakukan Proses Recruitment

1. Kondisi Perusahaan

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan sebelum melakukan proses recruitment karyawan baru adalah memastikan apakah perusahaan berkembang. Mempekerjakan karyawan akan menambah jumlah pengeluaran perusahaan sehingga sangat penting untuk mengecek kondisi bisnis terlebih dulu.

Apabila kondisi perusahaan menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan, maka itu artinya adalah saat yang tepat untuk melakukan proses recruitment.

2. Proyeksi Bisnis dalam Satu Tahun ke Depan

Beberapa perusahaan akan merekrut karyawan dengan sistem kontrak tahunan. Oleh karena itu sebagai pemilik bisnis, Anda harus mengetahui bagaimana proyeksi bisnis dalam satu tahun ke depan. Perusahaan sudah harus memiliki rencana bisnis, tujuan serta ide bisnis ke depannya.

Anda harus mengecek apakah dengan tambahan karyawan tersebut akan memberi kontribusi optimal bagi perkembangan bisnis.

3. Bagian yang Membutuhkan Tambahan Bantuan

Lihat di setiap departemen dalam perusahaan bagian mana saja yang sudah mulai keteteran saat mengerjakan pekerjaannya. Jika ada departemen yang sudah mulai keteteran dan turun produktivitasnya akibat kekurangan bantuan, merupakan tanda bahwa Anda sudah harus segera melakukan recruitment.

Agar tidak keliru saat menempatkan karyawan baru, buat daftar bagian apa saya yang membutuhkan tambahan bantuan untuk mengerjakan tugas-tugas perusahaan. Cek apakah Anda atau karyawan Anda yang sudah ada justru menghabiskan lebih banyak waktu hanya untuk mengerjakan hal mikro?

Misalnya waktu terbuang justru untuk mengatasi keluhan pelanggan dan menjawab pertanyaan pelanggan, maka itu artinya Anda membutuhkan tambahan karyawan bagian customer service.

4. Kemampuan Finansial

Menambah karyawan baru artinya Anda harus siap menambah pos pengeluaran untuk membayar gaji karyawan termasuk pengeluaran untuk asuransi ketenagakerjaan karyawan tersebut. Cek dengan seksama apakah kondisi finansial perusahaan mampu untuk memenuhi kebutuhan pengeluaran tersebut.

Jangan terlalu berambisi menambah karyawan apabila kemampuan finansial belum mumpuni. Pos pengeluaran terlalu besar yang tidak berimbang dengan pos pemasukan akan membuat bisnis merugi dan tidak baik untuk jangka panjang.

5. Bisnis Memungkinkan Menangani Banyak Karyawan

Dimana bisnis beroperasi apakah di bangunan ruko, di gedung perkantoran, atau di bangunan besar milik perusahaan? Sebelum merekrut karyawan baru, Anda harus memastikan jika ruang bisnis Anda mampu menampung banyak karyawan. Jika ruang tidak mencukupi, itu artinya Anda harus pindah ke tempat baru.

Temukan Kandidat Terbaik untuk Perusahaan dengan Bantuan Shortlyst

Setelah Anda menentukan kapan waktu yang tepat untuk merekrut kandidat baru, hal berikutnya yang tidak kalah penting adalah menemukan kandidat terbaik dari sekian banyak kandidat yang melamar ke perusahaan Anda.

Namun, menemukan kandidat terbaik bukanlah pekerjaan yang mudah bagi pihak HRD. Oleh karena itu Anda yang ingin mendapatkan kandidat terbaik dengan mudah bisa menggunakan software recruitment terbaik dari Shortlyst.

Shortlyst adalah tools terbaik yang bekerja berdasarkan algoritma Artifical Intelligence dan Machine Learning yang akan mensortir lebih dari 600 juta profil kandidat yang terbesar di seluruh dunia. Anda sebagai perekrut bisa mengintegrasikan langsung profil ke berbagai jenis platform seperti Whatsapp.

Shortlyst akan memberi rekomendasi berdasarkan profil para kandidat dan menyesuaikannya dengan deskripsi jabatan yang dilamar. Dengan bantuan aplikasi Shortlyst, Anda akan menghemat lebih banyak waktu untuk mensortir dan memperoleh kandidat yang memang paling cocok untuk jenis pekerjaan itu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *