Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Dikala Musim Hujan

-Tips-Menjaga-Tubuh-Agar-Tetap-Fit-Dikala-Musim-Hujan
Foto dari Canva

Memasuki pertengahan tahun, kota di Indonesia sudah mulai diguyur hujan dengan intensitas yang beragam. Mulai dari hujan deras disertai angin, maupun intensitas yang ringan hanya gerimis saja. Keadaan cuaca yang seperti ini biasanya rentan membuat orang terjangkit penyakit. Diantaranya ialah flu, masuk angin, diare, bahkan demam berdarah. Anda perlu mewaspadai jika mengalami suhu panas yakni sekitar 38 derajat ke atas. Untuk mengukur suhu tubuh secara akurat tidak bisa sembarangan. Gunakanlah termometer, yakni termometer Omron. Dengan design yang mudah di genggam, hasil pengukuran yang di tampilkan akurat, dan mudah digunakan untuk semua usia. Selanjutnya Anda juga perlu berhati-hati agar tidak mudah sakit di musim, hujan ini, untuk itu simak tips untuk menjaga tubuh agar tetap fit di bawah ini.

1. Rutin Berolahraga

Hal yang paling penting dilakukan pertama ialah dengan rutin berolahraga. Seperti yang kita ketahui bahwa berolahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Hanya karena keadaan cuaca yang dingin, jangan sampai membuat Anda malas untuk berolahraga. Berolahraga tidak mesti dilakukan di luar ruangan, Anda dapat melakukan olahraga sederhana di dalam ruangan seperti yoga, senam aerobic, push up, sit ups. Lakukan olahraga secara rutin 3-4 kali dlam seminggu selama 20-40 menit. Dengan berolahraga maka kebugaran tubuh dapat terjaga serta melancarkan peredaran darah.

2. Tidur Yang Cukup

Menjaga kualitas tidur merupakan hal krusial yang tidak boleh terlupakan. Terlebih lagi pada cuaca dingin di musim hujan ini, kualitas tidur dan lamanya waktu tidur merupakan hal yang harus diperhatikan. Melansir dari Journal of The National Sleep Foundation, rekomendasi lamanya waktu tidur berdasarkan usia yakni:

  • Anak prasekolah (3-5 tahun) selama 10-13 jam.
  • Anak sekolah (6-13 tahun) selama 9-11 jam.
  • Remaja (14-17 tahun) selama 8-10 jam.
  • Dewasa muda (18-25 tahun) direkomendasikan tidur selama 7-9 jam.
  • Dewasa (26-64 tahun) selama 7-9 jam.
  • Lansia (lebih dari 65 tahun) direkomendasikan tidur selama 7-8 jam.

3. Jaga Pola Makan

Mengonsumsi makanan yang bergizi merupakan hal yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Agar kebutuhan gizi kita tercukupi, maka Anda harus memakan 5 kelompok pangan yakni 4 sehat 5 sempurna setiap harinya, 5 kelompok pangan itu ialah, protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin yang bisa Anda dapatkan pada buah, sayur, dan lauk-pauk. Pastikan untuk makan secara teratur, dan jangan pernah melewatkan sarapan.

4. Jaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Pada saat musim hujan, tidak jarang jika lingkungan sekitar kita terkena banjir. Kondisi ini tentu saja menjadi lahan penyakit. Untuk itu pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan diri sendiri dengan cara rajin mencuci tangan dengan sabun, membuang sampah pada tempatnya, membersihkan bak tempat penampungan air, mandi dua kali sehari.

Nah itu dia beberapa tips bagaimana cara menjaga tubuh agar tetap fit dikala musim hujan. Semoga Anda bisa tetap menjaga kesehatan dan terhindar dari penyakit.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *