Jaga Daya Tahan Tubuh, Ini 5 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Anak-anak

  • Whatsapp
Jaga-Daya-Tahan-Tubuh-Ini-5-Jenis-Olahraga-yang-Cocok-untuk-Anak-anak
Foto dari Canva Pro

Sebagai orang tua, Anda sepatutnya memantau anak Anda. Mulai dari menjaga asupan sayuran, buah-buahan, pun makanan bergizi lainnya, memerhatikan kesehatan mentalnya lewat kegiatan bersenang-senang, sampai memberikan konsumsi suplemen daya tahan tubuh anak agar ia senantiasa sehat. Anda juga bisa melatih dan membiasakan anak untuk rutin berolahraga demi menjaga stabilitas daya tahan tubuhnya.

Mengingat olahraga melibatkan gerak fisik si anak, Anda bisa mengajaknya lakukan olahraga dengan gerakan yang mudah saja untuk dilakukan. Sehingga, proses mengoptimalkan daya tahan tubuhnya bisa berhasil. Inilah dia beberapa olahraga yang cocok dilakukan anak-anak:

  1. Berlari. Aktivitas ini merupakan olahraga yang ringan dan sederhana. Sehingga, anak-anak bisa melakukannya dengan mudah saja. Tidak perlu jarak jauh, cukup biasakan anak berjalan cepat hingga lari-lari tipis sampai ia terbiasa untuk lari cepat seiring berjalannya waktu. Anda juga bisa memberi tahu anak untuk melakukan gerakan lari dengan lompat-lompat. Kaki anak kecil masih lentur sehingga ia juga bisa melakukan gerakan mengangkat lututnya tinggi-tinggi sambil berjalan.
  2. Menari. Kegiatan olahraga yang satu ini pasti akan menyenangkan untuk anak. Anda dapat memutar lagu anak-anak atau lagu kesukaan buah hati, kemudian ajak ia untuk bergerak mengikuti irama lagu. Orang tua juga perlu menari bersama anak, agar si kecil bisa meniru gerakannya. Untuk lebih mudahnya, di kanal pencarian video juga sudah banyak tersedia gerakan menari untuk anak-anak.
  3. Bermain bola. Olahraga ringan lainnya adalah bermain bola di dalam atau di halaman rumah. Tidak hanya bermanfaat untuk daya tahan tubuh, olahraga ini juga efektif untuk melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh anak. Agar tetap aman, main bola bisa gunakan bola-bola kecil berbahan plastik dan keranjang sebagai target untuk anak melempar bola tersebut. Cara lainnya, Anda bisa bermain bola tendang plastik di halaman rumah. Arahkan anak untuk menggiring, mengoper, dan menendang bola supaya ada gerakan pada tubuh.
  4. Sit-up dan Push-up. Jenis olahraga berikutnya adalah sit-up dan push-up. Tidak sesulit yang dibayangkan, anak-anak dapat melakukan sit-up perut, sit-up sepeda, dan banyak variasi gerakan sit-up lainnya. Anda juga bisa mengajak anak untuk belajar push-up serta plank dasar supaya tubuh bagian atas dan otot-otot inti di bagian perut dan punggungnya semakin kuat. Jika anak sudah mulai terlihat lelah dan bosan, berolahragalah sembari melakukan permainan dan aktivitas menyenangkan lainnya.
  5. Bersepeda. Olahraga ini pasti akan digemari anak-anak. Sebab tidak hanya olahraga, ia juga dapat berjalan-jalan menikmati udara segar di sekitar taman dekat rumah atau jalanan sepi agar tidak menghirup polusi tercemar. Olahraga bersepeda bagus untuk memperkuat otot kaki anak serta menjaga kesehatan jantung, fleksibilitas, koordinasi, dan keseimbangannya.

Ketika melakukan kegiatan olahraga dengan anak-anak, jangan lupa untuk selalu tanyakan apakah ia jika merasa kelelahan atau belum. Ketika anak mulai kelelahan, Anda dan si kecil bisa beristirahat sebentar, minum air putih secara cukup, baru melanjutkan kegiatan olahraga kembali. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *