7 Kiat Mengembangkan Bisnis dengan Aplikasi Barbershop

7-Kiat-Mengembangkan-Bisnis-dengan-Aplikasi-Barbershop
Foto dari Canva

Bisnis barbershop menjadi tren yang digandrungi banyak pelaku usaha untuk meraih untung lebih besar. Bukan hanya jasa pangkas rambut biasa saja, pengelolaan konsep yang bagus bisa mendukung popularitas bisnis Anda. Apalagi Anda memakai aplikasi kasir pintar yang bisa digunakan untuk aplikasi klinik atau layanan jasa lain, maka potensi melakukan penjualan selama 24 jam penuh sangat tinggi. Saat klinik atau salon Anda tutup pun, peluang penjualan masih terjadi sebab pelanggan bisa melakukan booking online sesuai jadwal.

Cara Memulai dan Mengembangkan Bisnis Barbershop

Bila Anda tertarik membuka usaha barbershop baik waralaba atau bisnis perseorangan, sebaiknya pertimbangkan kiat penting memulai bisnis barbershop berikut :

1. Memiliki modal yang baik

Mau buka usaha barbershop di teras rumah dengan peralatan sederhana seperti gunting, sisir, cermin, kursi, dan perlengkapan sederhana lain, boleh-boleh saja. Namun, Anda yang ingin bersaing dengan memberikan paket pelayanan yang memuaskan sebanding harga yang diberikan, sebaiknya pertimbangkan memiliki bisnis yang memiliki konsep terbaik. Tentu modal yang baik akan mendukung perencanaan usaha Anda lebih optimal, termasuk pengelolaan usaha yang lebih bagus dibanding bisnis barbershop tanpa perencanaan matang.

2. Pilih lokasi yang bagus

Lokasi menjadi kunci sukses bisnis barbershop yang baru Anda buka mengingat orang-orang akan lebih mudah mengakses dan menjangkau tempat usaha tersebut. Pastikan Anda memilih tempat yang dekat dengan sarana publik lain untuk mendukung pelayanan yang memuaskan pada pelanggan setia. Bila menggabungkan usaha dengan tempat lain yang menarik, misalnya barbershop sekaligus usaha klinik kebugaran, spa atau tempat rileksasi pria lain, maka Anda harus memastikan akses transportasi menuju tujuan aman terkendali.

3. Punya konsep menarik

Konsep bisnis yang menarik dari pemilihan tempat, desain eksterior dan interior ruangan, konsep retro atau vintage, penambahan layanan jasa, atau sesuatu yang bisa membuat bisnis barbershop Anda berbeda dari pesaing lain, kenapa tidak? Bisnis Anda bisa dikenal pelanggan baru dari penataan konsep yang menarik sehingga memicu rasa penasaran sampai akhirnya berlangganan, ya!

4. Selalu meningkatkan SDM

Tingkatkan SDM baik Anda pribadi atau karyawan yang menangani para pelanggan yang datang ke salon. Anda bisa melatih karyawan dengan mengikuti kursus, pelatihan atau workshop terbaru agar bisa mengikuti tren potong rambut yang terus berubah seiring waktu.

5. Memberikan kenyamanan dan kepuasan pelayanan

Kenyamanan dan kepuasan pelayanan pada pelanggan menjadi kunci sukses membangun bisnis barbershop ini. Pastikan tempat salon selalu bersih, rapi serta didukung suasana yang nyaman untuk membuat pelanggan betah datang bolak-balik ke salon Anda. Bila memiliki bisnis yang tergabung, misalnya barbershop dan kedai kopi yang berdampingan pun, Anda harus memperhatikan kenyamanan pelanggan.

6. Promosi

Jangan lupa untuk terus melakukan promosi baik offline atau online menyasar target pasar yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

7. Pengelolaan bisnis yang baik

Pengelolaan bisnis bukan hanya ada pada pencatatan arus masuk dan keluar saja, tetapi Anda harus memiliki pencatatan stok inventory produk di barbershop, misalnya gel rambut pria dan lain-lain, laporan laba rugi bisnis, pengelolaan gaji karyawan, dan masih banyak manajemen akuntansi bisnis yang lain. Pakai aplikasi barbershop yang memiliki fitur manajemen lengkap untuk memudahkan Anda mengelola dan memantau  manajemen bisnis, ya!

Setelah memahami pentingnya melakukan perencanaan bisnis sebelum terjun ke dunia usaha ini, Anda bisa mulai melakukan riset dari sekarang. Untuk mendukung pengembangan bisnis dengan pengelolaan manajemen keuangan, manajemen karyawan, manajemen pelanggan, manajemen produk di salon, dan lain-lain, Anda harus daftar sekarang untuk mendapatkan fasilitas dan harga menarik dari Zenwel. Software kasir terbaik yang membantu pengelolaan bisnis Anda lebih cepat, efektif dan murah mulai dua ribuan per hari, lho!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *